Hotel Samudera - Bangunan Bersejarah Peninggalan Belanda

Banyak bangunan di Sabang yang dibangun oleh Belanda pada masa jaya sebagai pelabuhan laut dalam setengah abad sebelum Perang Dunia II, seperti Hotel Samudera. Bangunan Hotel Samudera terletak di Jalan Diponegoro, didirikan pada tahun 1899. Bangunan ini awalnya adalah sebagai tempat tinggal Administratur Pelabuhan Sabang yang sekarang telah dialihfungsikan menjadi hotel/rumah penginapan. Akan tetapi arsitektur bangunannya masih dipertahankan dengan tetap bergaya kolonial.


Bangunan ini didirikan sebagai tempat tinggal Administratur Sabang Maatschappij ketika dipimpin oleh G. C. Vattier Kraane (1899-1906). Direnovasi pada tanggal 25 Februari 1916 oleh arsitek Ludolf Hendrik Smitt pada masa kepemimpinan F. C. Baron Van Aerssen Beijeren Van Voshol (1912-1928). Pada masa pendudukan Jepang gedung ini digunakan sebagai pusat komando Jepang yang dipimpin oleh seorang kolonel laut Jepang.
Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Indeks Forbis
AUTHOR
July 2, 2015 at 11:09 AM delete

tetap lestarikan warisan bangunan bersejarah ini, please..

Reply
avatar
February 1, 2016 at 1:18 PM delete

siap pak :)
situs sejarah yang ada di Kota Sabang tetap kita lestarikan

Reply
avatar
May 27, 2016 at 10:22 AM delete

Saya merasa bangga melihat sabang setelah 32 tahun saya tinggalkan dan kembali lagi pada bulan april yang lalu sungguh Luar biasa sabang sekarang ini, saya bermohon supaya terus dirawat situs budaya yg ada shg sabang benar sebagai PULAU EMAS

Reply
avatar