Cerita Dibalik Penemuan Batu Gendang di Pulau Weh

Salah satu objek wisata baru di Pulau Weh adalah Batu Gendang. Batu ini berbeda dengan batu biasa, karena batu yang berlokasi di tengah hutan wisata di kawasan Balek Gunung ini mengeluarkan suara berupa suara gendang ketika dipukuli. Memang objek wisata yang satu ini tidak seperti objek wisata lainnya yang bisa dengan mudah kita kunjungi, dan mungkin Anda juga tidak percaya akan batu yang mengeluarkan suara gendang. Tapi inilah fenomena alam nyata yang sulit Anda temukan di tempat lain.


Sedikit cerita tentang penemuan Batu Gendang. Pada Tahun 2011 lalu, tepatnya pada bulan puasa ada tiga orang pemuda yang sedang mencari burung disiang hari di dalam hutan tersebut, pemuda-pemuda itu bernama Is, Sabirin dan Saddam. Karena pada saat itu mereka kelelahan akibat perjalanan ke hutan itu jauh dan mendaki, mereka pun beristirahat sejenak.

Saat mereka istirahat, tiba-tiba terdengarlah oleh mereka suara aneh dari sekitar hutan tersebut. Mereka pun penasaran dan langsung mencari sumber suara itu, karena suaranya menyerupai suara meuratep atau zikir. Saat semakin dekat dengan sumber suara itu, lalu terdengar lagi suara azan. Hingga sampai di lokasi batu tersebut mereka pun beristirahat lagi karena gerimis dan akan turun hujan. Dan pada saat itulah salah satu dari mereka yang bernama Saddam berteduh tepat dibawah batu yang memang memiliki celah untuk berteduh.

Ketika hujan pun mulai reda dan mereka ingin segera melanjutkan perjalanan dari tempat mereka berteduh, tanpa disengaja Saddam yang tadinya berteduh dibawah batu tersebut memukul Batu Gendang dengan gagang sangkur atau belati yang dipegangnya. Dan Ternyata batu tersebut mengeluarkan suara layaknya suara gendang, mereka pun terkejut dan semakin penasaran. Karna rasa penasarannya terhadap batu itu, mereka pun mencoba memukul batu tersebut berkali-kali dan mereka pun memukul batu yang berada disebelahnya untuk membedakan suara batu yang ada di hutan itu. Ternyata suara batu disebelahnya tadi hanya mengeluarkan suara layaknya batu biasa.

Begitulah cerita singkat penemuan Batu Gendang beberapa tahun yang lalu. Sungguh aneh, batu yang biasanya bersifat padat secara akal sehat tidak mungkin mengeluarkan suara, tetapi batu yang misterius ini memang benar-benar beda dengan batu lainnya, karena batu ini mengeluarkan suara gendang ketika di pukul. 
Previous
Next Post »