Sumur Air Tawar di Pinggir Pantai, Ternyata Ini Fakta Menarik Tentang Sumur Tiga Sabang

Salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika liburan ke Pulau Weh adalah Pantai Sumur Tiga. Mengapa Pantai Sumur Tiga..?? Karena pantai yang satu ini merupakan pantai yang sangat indah yang terdapat di sebelah timur Pulau Weh.


Foto By : @isra_jrm


Pantai berpasir putih ini terletak di Gampong Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, Provinsi Aceh. Tidak jauh dari pusat kota, pantai ini dapat ditempuh sekitar kurang lebih 5 menit perjalanan dengan kendaraan dari pusat kota atau hanya berjarak 2,7 Km. Sedangkan dari Pelabuhan Balohan jarak yang harus Anda tempuh sekitar 12,7 Km atau 20-25 menit perjalanan.

Memiliki pantai yang berpasir putih dan air laut jernih berwarna biru kehijauan membuat pemandangan pantai ini semakin diminati oleh siapa saja yang mengunjunginya. Apalagi ditambah langitnya yang cerah lagi bersih sangat cocok untuk menenangkan jiwa Anda setelah berhari-hari dibebankan oleh pekerjaan. Bermodalkan pasir pantai yang putih halus nan lembut tak heran jika pantai ini pernah disebut Hawaii-nya Sabang oleh wisatawan. Pantai Sumur Tiga ini menghadap ke timur, karena itu dipantai ini Anda bisa menikmati sunrise yang sangat indah yang dipadu dengan pepohonan kelapa dipinggir pantai dan pantulan cahaya matahari dilaut yang kuning kemerahan mengawali hari Anda dengan penuh pesona.

Foto By : @ayundhasurya


Pantai Sumur Tiga ini mempunyai keunikan sendiri, sesuai dengan namanya Sumur Tiga. Di sepanjang pinggiran pantai ini terdapat tiga buah sumur air tawar yang sudah dibangun sejak zaman Belanda, jarak sumur ke sumur lainnya tidak terlalu jauh. Meskipun sumurnya berada dipinggiran pantai, air sumur ini tidak asin walau jarak sumur dengan pantai hanya sekitar 15-20 meter. Wah.. Sangat unik bukan.

Selain tiga buah sumur, disekitar pantai ini juga terdapat benteng-benteng bersejarah peninggalan Jepang. Meski terlihat kurang terawat, beberapa benteng Jepang ini masih bisa kita temukan disekitaran Pantai Sumur Tiga tersebut. Inilah mengapa pantai ini wajib Anda kunjungi saat ke Sabang, selain bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan laut serta pantainya yang indah Anda juga dapat mengenal jejak sejarah.
Previous
Next Post »